Kegiatan Ekstrakurikuler

Eskul atau Ekstrakurikuler ada yang wajib dimiliki oleh masing-masing peserta didik SMA Sains Plus Tahfidz Qur’an Al-Ammar. Eskul ini diantaranya, Halaqoh Sains, IT Club, Pencak Silat, Pramuka, Panahan Club, Langue Club (Bahasa Arab & Bahasa Inggris) dan Sains Pesawat Terbang.

Halaqoh Sains

Sebagaimana pandangan yang sudah mengakar pada masyarakat Muslim dan bahkan ilmuan pada umumnya sebagian besar meyakini bahwa al-Qur’an adalah sumber pengetahuan. SMA Al-Ammar sebagai sekolah sains berbasis Qur’an dan Sunnah memiliki program unggulan “Halaqoh Sains”, membahas mengenai sains berlandaskan dalil yang telah disebutkan dalam Qur’an lebih dari 1400 tahun yang lalu. Al-Qur’an & Sains sangat menakjubkan…!!!!

IT Club

Di era modern sekarang ini, tentunya tak lepas dari teknologi, yang memudahkan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tapi akan lebih seru kalau kita sendiri berinovasi dan berkreasi untuk membuat teknologi tersebut. SMA Al-Ammar menjadikan IT (Information and Technology) Club sebagai salah satu kegiatan ekskul sekolah, untuk setiap siswa yang tertarik dengan teknologi

Pencak Silat

Pencak Silat adalah seni bela diri yang otentik berasal dari Nusantara (Indonesia), dan sudah mendapat pengakuan dunia internasional, memiliki peluang dipertandingkan dalam cabang olahraga di Olimpiade dan menggali nilai budaya yang terkandung dalam silat. Untuk itu SMA Al-Ammar menjadikan Pencak Silat sebagai salah satu kegiatan ekskul sekolah.

Panahan

Di antara sunnah Nabi ‘alaihissholaatu wa sallam yang berkaitan dengan keterampilan (furusiyyah) yang seharusnya dimiliki ummat muslim kemampuan berenang, berkuda dan memanah. Diantara beberapa furusiyyah tersebut, panahan merupakan furusiyyah yang paling utama untuk dipelajari. Atas dasar itu, SMA Sains Plus Tahfidz Qur’an Al-Ammar menjadikan panahan sebagai salah satu ekstrakulikuler di sekolah.

Language Club (Arabic/English)

Bahasa adalah ilmu mukaddimah sebagai penghantar kita dalam menimba ilmu terutama yang bersumber dari bahasa asing. Untuk itu SMA Al-Ammar juga mengedepankan penguasaan bahasa asing yaitu bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar Al-Qur’an, yang seharusnya dipahami terutama oleh umat muslim dan juga sebagai bahasa ibu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Pramuka

Tentu sudah tidak asing dengan yang satu ini kan… Ya, dengan mengikuti kegiatan Pramuka kita mendapat banyak hal dalam self-development, mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, hingga kemandirian.

Sains Pesawat Terbang

Jika berbicara tentang dirgantara, orang-orang tentu mengingat Wright bersaudara dari Amerika. Tahukah, jauh sebelum Wright bersaudara, awal konsep pertama pesawat terbang dan orang yang pertama kali mengudara adalah seorang muslim. Oh ya, Masih ingat dengan eyang Alm. BJ Habibie kan ??? ilmuan cerdas asal Indonesia dan sangat diakui dunia. SMA Al-Ammar menjadikan materi ini khusus sebagai ekstrakurikuler sekolah untuk melahirkan penerus Pak B.J Habibie dalam kecintaan terhadap ilmu pengetahuan. Nanti kita akan belajar bersama dengan tentor yang berpengalaman dengan materi pesawat terbang ya…