Profil

Demi ikut andil dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mengembangkan manusia Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa, yang bertakwa dan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mempunyai budi pekerti yang luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, kesehatan rohani, dan jasmani, keterampilan dan pengetahuan, dan terakhir mempunyai rasa tanggung jawab untuk berbangsa dan bermasyarakat. Maka SMA Al-Ammar hadir dengan konsep sains berbasis al-qur’an dan sunnah.

Untuk bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang sains ber adabkan islam diperlukan kurikulum khusus untuk mengakomodir semua aspek yang dimaksudkan.

Maka SMA Al-Ammar hadir dan pertama di Sumatera Utara sebagai sekolah Sains dan teknologi berbasis Qur’an dan dengan program tahfidz Qur’an, menyiapkan yang terbaik untuk menunjang pencapaian tersebut dengan fasilitas laboratorium terlengkap dalam bidang fisika, kimia, biologi dan ilmu falak. Juga dilengkapi dengan laboratorium bahasa, perpustakaan serta Musholla yang luas dan nyaman.

Bagian pembelajaran yang kami hadirkan disini yaitu bagaimana siswa dapat memahami bahwa Al-Qur’an adalah bagian paling penting panduan hidup dalam semua aspek, maka kami menghadirkan metode talaqqi (menghafal Al-Qur’an) wajib bagi siswa dengan harapan mereka menjadi manusia yang rendah hati dan mengerti nilai-nilai yang terkandung didalamnya untuk dibawa ke masyarakat dan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tanpa terkecuali berbicara mengenai sains yang terislamisasi, Bagaimana islam membuka peradaban lewat sains di baghdad, andalusia, dengan semua perangkat pendidikannya yang tidak pernah dikenal peradaban lain sebelum Islam datang sebagai pelopor ilmu pengetahuan modern yang dikenal saat ini.